.

Minggu, 19 Juni 2011

TSR Watermark Image: Lindungi Hasil Karya Anda dari “Tangan-Tangan Jahil”

TSR Watermark Image: Lindungi Hasil Karya Anda dari “Tangan-Tangan Jahil”


Pembajakan, pencurian, atau mengambil tanpa izin adalah sesuatu yang tidak baik. Begitu pula dengan melakukan pencurian gambar yang kerap kali terjadi di dunia maya. Bagaimana rasanya bila Anda sudah bersusah payah menghasilkan sebuah gambar kemudian seseorang mengambilnya begitu saja? Tentunya sangat tidak menyenangkan. Untuk menghindari hal ini, dibutuhkan sebuah watermark software yang dapat memberikan identitas terhadap gambar yang ingin diunggah.

Apa itu watermark? Bagi yang tidak berkecimpung di dunia foto, kalimat tersebut pasti akan melintas di benak. Dasarnya, watermark adalah sebuah logo atau text yang dibubuhkan di sebuah foto atau gambar dengan tujuan memberikan identifikasi, menghindari pembajakan image, atau sebagai copyright sebuah image.

TSR Watermark Image dikembangkan oleh Anders Pederson di bawah bendera TSR Soft. Program ini dapat melegitimasi, image, gambar, logo, dari hasil kerja keras Anda. Selain memberi watermark gambar, aplikasi ini memiliki kemampuan yang tidak dapat diremehkan begitu saja.


Feature

Kemampuan yang dimilikinya sebagai sebuah freeware memang cukup baik dan memuaskan. Anda dapat membubuhi identitas di gambar ataupun image dengan dukungan output ekstensi JPEG, TIFF, PNG, BMP, dan GIF. Selain itu, kualitas watermark juga dapat diatur sesuai kebutuhan ketika output file berbentuk image.


Mengatur sudut pandang, effect text, dan command line untuk profile otomatis, itu semua adalah sebagian dari ekstra feature yang ditawarkan TSR Soft. Anda dapat berkreasi sesuka hati dalam membubuhkan identitas gambar yang hendak diunggah. Peletakan watermark juga dapat diatur sesuai keinginan, mulai dari tengah, bawah ataupun di atas.


Sebagai daya tarik tambahan, aplikasi ini memiliki kelebihan lain yaitu melakukan pengubahan ukuran gambar sesuai dengan setting yang ditentukan saat proses pemberian text atau logo berlangsung. Selain itu, Anda juga dapat melihat preview image saat proses berlangsung.

Pengujian

Proses pemberian watermark cukup cepat. Jika semuanya telah siap, dalam hitungan di bawah satu menit Anda dapat memperoleh hasilnya. Feature yang ditawarkan juga sesuai dengan fungsi dari aplikasi ini, tidak berlebihan dan semuanya dapat berjalan dengan baik. Sementara itu, desain yang ditawarkan cukup familiar dan user friendly.

Saat update tersedia, secara otomatis akan muncul sebuah dialog box berisi keterangan update dan pilihan untuk meng-update software ini atau tidak. Proses update-nya sendiri berjalan dengan mulus tanpa adanya hambatan. Serentetan pengujian yang dilakukan dapat dilahap habis oleh aplikasi ini.

Support

Untuk mendapatkan informasi seputar tutorial, FAQ, atau mengunduh aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi www.watermark-image.com. TSR Soft menyediakan aplikasi ini untuk penggunaan personal.Bila Anda menyukai freeware ini dan ingin menggunakannya secara komersial, sebaiknya meregistrasikannya. Harga yang ditawarkan untuk satu buah lisensi perorang dihargai US$25.

Daya tarik lainnya dari aplikasi ini adalah dukungan lebih dari 10 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Selain itu, program ini dapat berjalan di Windows Xp, Vista, dan Win 7. Dengan kapasitas sebesar 478 KB saat diunduh, minimum requirement hardware yang syaratkan untuk menjalankan aplikasi ini memang cukup tinggi.

Kesimpulan

Untuk para blogger atau pengguna internet yang gemar mengunggah foto, sebaiknya meng-install program ini di PC masing-masing. Selain berfungsi memberikan identitas terhadap gambar atau image yang dimiliki, software ini juga menawarkan feature dan kinerja yang baik.



Tidak ada komentar: