.

Kamis, 24 Maret 2011

Cara Aman Mendaftarkan Email ke Situs

Cara Aman Mendaftarkan Email ke Situs

Yang selalu dikhawatirkan saat akan memberitahukan alamat email ke situs adalah datangnya tamu tak diundang bernama SPAM. Tapi, mau tidak mau harus menyerahkannya juga sebagai syarat saat mendaftar menjadi anggota atau ingin menikmati fitur-fitur tertentu di situs & forum.

Untuk itu dibutuhkan yang namanya email temporer (Temporary/Disposable Mailbox). Alamat email temporer-lah yang kita berikan, bukan yang asli. Ada dua konsep yang diterapkan, yang pertama menyediakan inbox sendiri dan yang kedua melakukan email forwarding.

Yang menyediakan inbox sendiri, sama seperti layanan email lain, tapi bedanya adalah lebih cepat dan praktis. Kita tidak perlu mendaftar dengan mengisi form yang panjang. CUkup pikirkan nama alamat email Anda dan itu yang akan digunakan.

Penjelasan untuk konsep yang kedua adalah setiap pesan yang dikirim ke alamat temporer yang dibuat akan diteruskan (forward) ke alamat email asli yang kita miliki, tapi alamat temporer ini punya jangka waktu aktif, biasanya 12 - 24 jam, karena biasa yang dibutuhkan hanya pesan mengenai aktivasi saja. Maka setelah lewat waktu tersebut email temporer tidak lagi aktif. Dan email Anda akan aman dari spam yang berusaha dikirimkan dikemudian hari.

Berikut daftar 5 layanan email temporer yang sudah terkenal & terpercaya:



1. Mailinator - http://www.mailinator.com/

Format yang disediakan:
@mailinator.com
@mailinator2.com
@sogetthis.com
@mailin8r.com
@mailinator.net
@spamherelots.com
@thisisnotmyrealemail.com

Bisa bebas memilih nama email asalkan belakangnya setelah @ menggunakan format di atas.
Tidak ada batasan waktu aktif, jadi selamanya bisa Anda gunakan alamat email tersebut.
Tidak mendukung email forwarding, jadi untuk mengecek pesan masuk hanya bisa melalui situsnya

2.MyTrashMail - http://www.mytrashmail.com/
Format yang disediakan - @trash2009.com
Bisa bebas memilih nama email asalkan belakangnya setelah @ menggunakan format di atas.
Tidak ada batasan waktu aktif, jadi selamanya bisa Anda gunakan alamat email tersebut.
Tidak mendukung email forwarding, jadi untuk mengecek pesan masuk hanya bisa melalui situsnya

3.MailExpire -http://www.mailexpire.com/

Mendukung email forwarding, jadi nanti Anda masukkan alamat asli ke sana dan menentukan sendiri batas waktu kadaluarsanya: 12 jam, 24 jam, 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, dan 3 bulan.

4.Jetable -http://www.jetable.org/en/index

Mendukung email forwarding, jadi nanti Anda masukkan alamat asli ke sana dan menentukan sendiri batas waktu kadaluarsanya: 1 jam, 1 hari, 1 minggu, & 1 bulan.

5.Spambox - http://www.spambox.us/

Mendukung email forwarding, jadi nanti Anda masukkan alamat asli ke sana dan menentukan sendiri batas waktu kadaluarsanya: dari 30 menit sampai 1 tahun.


Untuk layanan SpamBox terdapat add-ons bagi pengguna browser Firefox, dengan batas waktu email temporernya adalah 12 jam. Jadi bisa lebih cepat dan praktis.
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/4343

Setelah selesai diinstal akan muncul icon baru di bagian statusbar. Saat dibutuhkan, klik dan isi dengan alamat email Anda dan OK.
Alamat email temporer telah dibuat dan terdapat pada clipboard, Anda tinggal paste (Ctrl + V) saja ke kotak isian untuk melihat hasilnya.

Tidak ada komentar: